Game Edukasi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab untuk Pemula

Tarbiyah | Pembelajaran kosa kata merupakan materi yang sangat penting dalam pembelajaran bahasa. Seseorang takkan mampu berbicara dengan suatu bahasa sebelum ia memperkaya diri dengan kosa kata dari bahasa tersebut. pada umumnya, pembelajaran kosa kata adalah materi awal untuk para pemula dalam mempelajari sebuah bahasa. Pada kegiatan awal ini sangat dibutuhkan pendekatan, model, metode, dan teknik yang terbaik dan sesuai dengan kemampuan dan keadaan peserta didik. Berikut ini adalah beberapa permainan yang sangat memudahkan peserta didik dalam menguasai pembelajaran kosa kata.

Game Edukasi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab

A. Pindah Gambar

  1. Tujuan dan alat yang diperlukan. Permainan ini bertujuan untuk melatih kemampuan peserta didik dalam mencocokkan dan menjodohkan kosa kata dengan gambar. Adapun alat yang diperlukan adalah gambar yang dipotong-potong, kosa kata yang dipotong-potong, terjemah dari kosa kata tersebut, dan kertas plano yang lebar. 
  2. Cara bermain.
  • Guru menyediakan gambar sebanyak mungkin.
  • Guru juga menyiapkan kosa kata yang sesuai dengan gambar yang telah disediakan dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia.
  • Guru membagi peserta didik menjadi delapan kelompok secara berpasangan.
  • Guru mengarahkan peserta didik untuk menjodohkan antara gambar yang telah disediakan.
  • Kelompok yang paling cepat menyelesaikan pekerjaannya keluar sebagai pemenang dan paling terlambat serta banyak melakukan kesalahan akan mendapatkan hukuman yang edukatif.

B. Sebut Kata

  1. Tujuan dan alat yang diperlukan. Permainan ini bertujuan untuk menambah perbendaharaan serta memperkaya kosa kata peserta didik dan melatih mereka untuk mengembangkan kemampuan dalam mengidentifikasi objek gambar. Adapun alat yang diperluka adalah kertas bergambar.
  2. Cara bermain.
  • Guru menyiapkan beberapa gambar dalam sebuah kertas.
  • Guru mengarahkan peserta didik untuk menyebutkan gambar tersebut dan menuliskannya pada kertas lain.
  • Begitulah selanjutnya sampai semua gambar tersebutkan.

C. Tepuk Kata

  1. Tujuan dan alat yang diperlukan. Permainan ini bertujuan untuk memudahkan peserta didik dalam mengingat angka-angka, nama hari, bulan, dan lainnya. Adapun alat yang diperlukan adalah tepuk tangan guru, daftar angka Arab, nama hari, dan nama bulan.
  2. Cara bermain. Guru menepuk tangan sesuai dengan jumlah angka-angka, nama hari, dan nama bulan. Misalnya, guru menepuk tangan tiga kali untuk menunjukkan hari selasa atau bertepuk tangan  satu kali untuk menunjukkan angka, atau bertepuk tangan lima kali untuk mengisyaratkan nama bulan. Setelah guru menepuk tangan, peserta didik langsung menjawab tepukan sesuai dengan jumlah tepukan guru. 

D. Jodoh Kata Bersusun Atau Pyramid Susun

  1. Tujuan dan alat yang diperlukan. Permainan ini bertujuan untuk untuk memperkenalkan lima kata Tanya 5W+1H kepada peserta didik melalui media menyusun bentuk tugu piramida. Adapun alat yang diperlukan adalah guru menggambar sebuah tugu. Guru juga membuat kata-kata dan terjemahannya yang disusun dalam bentuk tertentu (potongan-potongan). Semakin panjang kata yang disusun maka semakin baik. Contohya, kalimat Tanya itiu bisa dikembangkan menjadi bentuk kalimat Tanya yang berbeda, seperti dari mana? Ke mana? Apa yang terjadi? Siapa pelakunya? Dan lainnya. Peserta didik mengacak-ngacak kalimat Tanya dalam potongan-potongan tersebut hingga membentuk sususan tugu atau piramida. 
  2. Cara bermain. Guru mengarahkan peserta didik untuk menjodohkan kosa kata  dan terjemahan yang cocok serta membentuk kata-kata tersebut hingga menyerupai piramida atau tugu. 

E. Siapakah Aku?

  1. Tujuan dan alat yang diperlukan. Permainan ini bertujuan untuk mengajak peserta didik menebak kosa kata dengan menjawab pertanyaan deskriptif siapakah aku?, selain itu juga untuk melatih peserta didik untuk merespon informasi dengan cepat. Adapun alat yang diperlukan adalah beberapa pertanyaan yang bersifat deskriptif.
  2. Cara bermain. Guru memberikan deskriptif tentang suatu benda dalam bahasa arab, kemudian peserta didik menebak jawaban dari pertanyaan tersebut dengan menggunakan bahasa arab juga. Permainan dapat dilanjutkan oleh peserta didik dengan melakukan hal seperti yang dilakukan guru sebelumnya. Permainan ini juga dapat dilaksanakan dalam bentuk yang lebih bervariasi, misalnya guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok dan masing-masing kelompok ditugaskan kartu sebanyak mungkin. Kartu tersebut dibuat secara pribadi di rumah. Antara kelompok A dan kelompok B dapat bertukar giliran untuk menjadi pendeskriptif dan penerka. 

F. Temukan Pasanganku

  1. Tujuan dan alat yang diperlukan Permainan ini bertujuan untuk melatih peserta didik agar mengenal dan menambah kosa kata baru serta terjemahannya. Juga untuk mengenal kosa kata dan pasangannya. Selain itu, permainan ini juga berfungsi sebagai media lanjuitan dalam pembelajaran kosa kata dan menguatkan ingatan peserta didik terhadap kosa kata yang telah mereka dapatkan. Apaun alat yang diperlukan adalah kartu kata yang berpasangan.
  2. Cara bermain, adapun cara bermainnya adalah sebagai berikut:
  • Guru menyiapkan kertas atau kartu yang berisi kosa kata yang akan diajarkan.
  • Kertas yang telah bertuliskan kata dikocok dan dibagikan kepada peserta didik, masing-masing peserta didik mendapatkan satu kertas.
  • Guru mengarahkan peserta didik untuk mendapatkan pasangan dari kata yang ada pada kertas tersebut.
  • Peserta didik berkumpul bersama teman yang memiliki pasangan kertas tersebut.
  • Guru mengarahkan peserta didik untuk menghafal dan dan mengucapkan kosa kata tersebut dengan fasih dan benar. 
  • Setelah semua kata dihafal dan diingat oleh masing-masing peserta didik, kertas kembali dikumpulkan.
  • Guru membuat kuis dengan menggunakan kata-kata yang ada pada kertas-kertas tersebut. 

(Sumber: Fathul Mujib dan Nailur Rahmawati, Metode Permainan-Pemainan Edukatif dalam Belajar Bahasa Arab, Jogjakarta: DIVA Press, 2011)

0 Response to "Game Edukasi Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab untuk Pemula "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel